KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS

KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS Pendahuluan latar belakang Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah dua sumber utama ajaran Islam. Oleh karena itu, keduanya selalu dijadikan landasan keyakinan, ritual, adat istiadat, etika, ekonomi, politik, peradaban dan seluruh aspek kehidupan umat Islam, baik yang sakral maupun duniawi, pada tataran ¥ abl minallah (vertikal) dan ¥ abl min al. -n ± s (horizontal).

HADIS SAHIH HASAN dan DA'IF

1.      Hadis s}ah}i>h} adalah hadis yang bersambung sanadnya dari awal sampai ke Rasulullah, semua perawinya dalam rentetan sanad bersifat s\iqah (‘a>dil dan d}a>bit}), serta selamat dari sya>z\ dan ‘illat. Sebagaimana hadis s}ah}i>h}, hadis h}asan pun mempunyai kreteria yang sama dengan hadis s}ah}i>h}, hanya saja perawi dalam hadis h}asan lebih rendah ke-d}a>bit}-annya atau gairu ta>m al-d}abt} sebagimana perawi hadis s}ah}i>h}. Kedua-duanya terbagi menjadi s}ah}i>h} liz\a>tihi> dan s}ah}i>h} ligairihi> serta h}asan liz\a>tihi> dan h}asan ligairihi>. Kedua-duanya pun sama-sama bisa dijadikan hujjah, akan tetapi tentu saja hadis s}ah}i>h} lebih unggul dan lebih kuat status kehujjahannya dibanding dengan hadis h}asan.

free DOWNLOAD makalah/artikel LENGKAP

2.      Hadis d}a‘i>f adalah hadis yang tidak memenuhi syarat-syarat hadis s}ah}i>h} ataupun syarat-syarat hadis h}asan. Dalam pembagiannya, hadis d}a‘i>f diklasifikasi menjadi hadis yang d}a‘i>f karena terputus sanadnya dan yang disebabkan hal lain diluar terputusnya sanad. Hadis d}a‘i>f tidak bisa dijadikan hujjah, tapi bisa diamalkan hanya terbatas pada fad}a>il al-a‘ma>l saja. Sedangkan dalam periwayatannya, hadis d}a‘i>f harus dijelaskan ke-d}a‘i>f-annya apalagi bila disampaikan pada orang awam.

3.      Hadis maud}u>‘ adalah bagian dari hadis d}a‘i>f yang paling rendah. Pada dasarnya, hadis maud}u>‘ bukanlah hadis, melainkan hanya perkataan seorang pendusta yang lalu disandarkan kepada Nabi. Banyak faktor yang melatar belakangi munculnya hadis maud}u>‘ ini, diantaranya adalah faktor politik, faktor bermazhab, atau karena ingin dekat dengan penguasa dan lain-lain.  Hadis maud}u>‘, sebagaimana hadis d}a‘i>f ketika diriwayatkan harus menjelaskan ke-maud}u‘-annya, utamanya ketika disampaikan kepada orang awam.

Comments

BERITA TERBARU !!

Popular posts from this blog

BIL MA'TSUR ( TAFSIR AYAT DENGAN AYAT )

CARA MELAKUKAN TAKHRIJ HADIS

download TAFSIR AL-NASAFIY

HADIS TARBAWIY DAN AKHLAK (BERKURANGNYA IMAN KARENA MAKSIAT)

cara atau Kaedah al-Jarh Wa al-Ta’dil Serta Aplikasinya

apa contoh MUKJIZAT AL-QUR'AN (Pengertian dan Pembagiannya)

cara TAMBAHAN - kaedah ZIYADAH DALAM AL-QUR'AN

cara melakukan MUNASABAH AYAT

QAWAIDH AL-TAHDIS (Pengertian , Ruang Lingkup dan Urgensinya )

kaedah 'ATAF - AL-'ATFU DALAM AL-QUR'AN