By : Zaharuddin
TAFSIR AL-NASAFIY
Sebagai awal dalam
memasuki tulisan kami dari hasil penelitian terhadap seputar kitab An-Nasafiy,
bahwasannya nama lengkap kitab ini yakni “مدارك التنزيل وحقائق التأويل” yang biasanya
diringkas dengan nama “Tafsir An-Nasafiy” yang dikarang
oleh “Hafizh ad-Din
abu Al-barakat Abd. Bin ahmad bin Mahmud An-Nasafiy Al-Hanafiy”.
A. BIOGRAFI, PROFIL IMAM AN-NASAFIY
·
Beliau lahir di Nasaf, kota sind yang terletak di antara Jihun dan
Samarqand. Beliau adalah ahli tafsir kenamaan yang merupakan salah satu di
antara sekian ulama dari kalangan Hanafiah, di mana mereka membidangi fiqih,
ushul fiqih, akidah dan tafsir.
·
Beliau hidup di kalangan ulama ahli fiqih, ushul fiqih, akidah dan
tafsir, sehingga beliau mempunyai peluang dalam membentuk dan memcari potensi
yang ia miliki, oleh karena itulah beliau berhasil merangkum pelbagai
metodologi riset yang ada. Dengan menggunakan rasionalitas ulama kalam,
dialektika ahli ushul dan konklusi sarjana fiqih.Bedanya, Nasafiy mempunyai
karakter metodologi yang independen dalam karya-karyanya.
Dan di samping itu juga ada beberapa informasi yang didapatkan oleh gur-gurunya
seperti ; Syams Al-‘Aimmah Al-Kurdi,
Ahmad bin Muhammad Al-‘itabi, dll.
·
Karena keuletannya, beliau sudah mencetak beberapa buku di antaranya : “Umdah Al-Aqaid fi al-alkalam, Al-I’timad,
Syarh Umdah Al-Aqaid, Manar Al-Anwar Fi ushul Al-Fiqih, Al-Kafi fi Syarh
Al-Wafi fi Al-Fiqh Al-Hanafi, Dan Kanz Al-daqaiq Fi fiqh Hanafi. Sebagian
besar karyanya telah dicetak hingga ia dikenal sebagai ahli tafsir, faqih,
pakar dalam bidang teologi dan ushul fiqh.
·
Imam An-Nasafiy tidak begitu beda dengan ulama kebanyakan, sosok yang
zuhud, saleh dan taqwa, di samping itu aktif dalam kegiatan ilmiah, pengkajian
dan penelitian, ia merupakan pakar kenamaan di masanya dan masa sesudahnya.
·
Imam An-Nasafi wafat pada tahun 710 H di kota ‘Aidzaj yang terletak di
antara Khuzistan dan Asfahan.
B. SEPUTAR KITAB TAFSIR AN-NASAFI
·
Imam An-nasafiy menyebut tafsirnya مدارك التنزيل وحقائق التأويل.
Tafsir ini merupakan di antara sekian tafsir yang
dikategorikan sebagai tafsir ilmiah yang cermat, tidak berbelit hingga
membosankan dan tidak terlalu ringkas hingga memiliki banyak kekurangan.
·
Tentang latar
belakang yang mensettingi penulisan tafsir ini, Nasafi mengungkafkan, “Adalah
seorang yang pintanya sangat sulit bagiku untuk tidak memperkenankannya menulis
sebuah buku yang netral tentang penakwilan. Di samping menghimpun bentuk-bentuk
I’rab, qiraat, badi’ dan penunjukan-penunjukan yang tersirat. Sarat dengan
pendapat ahlu sunnah dan tidak dimuati kekeliruan ahli bid’ah dan kesesatan.
·
Tafsir ini merupakan ringkasan dari Al-Kassyaf dan Al-Baidhawiy beliau
meringkasnya dari segi kebahasaan, I'rab balagah dari segi badhi'nya dan
ma'aninya.
·
Beliau menafsirkan
Al-Qur’an secara ijmaliy yaitu menafsirkan Al-qur’an sesuai dengan urutan mazhab
yang dijelaskan dalam penjelasan secara global.
·
Kebanyakan dari
penjelasan beliau menggunakan ra’yu atau yang biasa dikenal dengan
tafsir bil ra’yi. Dan sebagian kecil menyebutkan menjelaskan dengan menggunakan
hadis Nabi Saw, meskipun dalam penjelasan beliau terdapat
penafsiran ayat secara ma’tsur itupun hanlasan beliau terdapat penafsiran ayat
secara ma’tsur itupun hanya sedikit.
·
Beliau bermazhab
Hanafiah.
Hal ini dapat dibuktikan dalam contoh sebagai berikut :
Seperti ayat yang
berbunyi “وامسحوا بِرُؤُوسِكُم “ : “Imam hanafi mewajbkan
membasahi seperempat kepala, atau cukup dengan memasukkan kepala ke dalam air
atau menuangkan air di atas kepala.
Begitu pula dalam kitab An nasafi sebagai berikut :
(وامسحوا
بِرُؤُوسِكُمْ) المراد إلصاق المسح بالرأس
، وماسح بعضه ومستوعبه بالمسح كلاهما ملصق للمسح برأسه
“yang dimaksud dengan membasuh kepala yaitu membasahi seluruh
rambut di kepala, sebagian ataukah secara keseluruhan semua kepala dibasahi”.
{وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ
} مجامعين أو ولا تقربوا مجامعتهن { حتى يَطْهُرْنَ } بالتشديد كوفي غير حفص أي
يغتسلن
"Kata Taqrabuhuna ditafsirkan dengan menggauli
istri dan mendekatinya karena ingin menggaulinya, sampai mereka bersuci yaitu setelah mereka mandi dan bersuci"
·
Beliau cenderung pada pemikiran ulama ahlu sunnah, dengan itu
beliau mempunyai sikaf yang tegas dan
jelas terhadap setiap penyimpangan dalam penafsiran Al-Qur’an, Khususnya
terhadap tafsir Al-kassyaf, dirinya
tidak hanya mengkritis pemikiran mu’tazilah dalam tafsir Al-kassyaf, namun
seluruh buku-buku teologis karyanya.
Adapun contoh sebagai bukti dari ungkapan di atas adalah :
Menurut pendapat Al-Asy'ary "setiap yang dapat
dilihat dan menyebabkan dapt dilihat dari sisi keberadaannya. Dalam Firman
Allah bahwa setiap orang yang beriman dapat melihat Zat Allah pada hari kiamat.
Sebagaimana Firman Allah Swt :
وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ . إلى
رَبّهَا نَاظِرَةٌ . (القيامة : 22-23)
Artinya :"Wajah-wajah
orang mukmin pada hari itu berseri-seri, kepada tihan mereka melihat." (Al
Qiyamah : 22-23).
{ وُجُوهٌ } هي وجوه المؤمنين
{ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ } حسنة ناعمة { إلى رَبّهَا نَاظِرَةٌ } بلا كيفية ولا جهة
ولا ثبوت مسافة . وحمل النظر على الانتظار لأمر ربها أو لثوابه لا يصح لأنه يقال :
نظرت فيه أي تفكرت ، ونظرته انتظرته ، ولا يعدى ب «إلى» إلا بمعنى الرؤية مع أنه لا
يليق الانتظار في دار القرار { وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ بَاسِرَةٌ } كالحة شديدة العبوسة
وهي وجوه الكفار
.
·
Beliau mengadopsi
kedalaman makna, pemahaman yang rasional, pengarahan yang tepat dan kelugasan
yang focus yang di dapati dalam tafsir Al-Baedawiy
di samping dirinya juga mendebat
pendapat Zamakhsyari dan menyatakan pendapatnya, bedanya Nasafi tidak
terkungkung dalam fanatisme aliran mu’tazilah seumpama yang dilakukan
Zamakhsyariy dalam Al-kassyaf.
Nasafiy justru bersebrangan Dirinya membantah setiap pendapat yang menyalahi Al-Asy’ariy dengan menggunakan metode
Zamakhsyari.
·
Volume cerita dan
hadits isra’iliyyat yang sangat kecil merupakan nilai plus bagi An-Nasafiy,
beliau berusaha semaksimal mungkin untuk tidak menyentuhnya.
Begitupula dalam kitab tafsir Walmufassirun mengungkafkan
bahwa :
ومما نلحظه على هذا التفسير أنه مُقِل جداً
فى ذكره للإسرائيليات، وما يذكره من ذلك يمر عليه بدون أن يتعقبه أحياناً،
وأحياناً يتعقبه ولا يرتضيه.
·
Dan terbukti pula
Nasafiy tidak menyebutkan Hadis-hadis palsu yang berkenaan dengan keutamaan
surah-surah dalam Al-qur’an.
·
Begitu pula di
dalam kitab An-Nasafiy, beliau tidak banyak berbicara tentang I’rab.
Sebagaimana dalam tafsir walmufassirun :
أنه من ناحية الإعراب لا يستطرد كثيراً. ولا
يزج بالتفاصيل النحوية فى تفسيره كما يفعل غيره.
Sebagaimana
contoh dalam kitab tafsirnya :
فمثلاً عند تفسيره لقوله تعالى فى الآية
[217] من سورة البقرة: {يَسْأَلُونَكَ عَنِ الشَّهْرِ الْحَرَامِ قِتَالٍ فِيهِ
قُلْ قِتَالٌ فِيهِ كَبِيرٌ وَصَدٌّ عَن سَبِيلِ اللَّهِ وَكُفْرٌ بِهِ
وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ} .. الآية. يقول ما نصه: "والمسجد الحرام":
عطف على "سبيل الله"، أى وَصَدّ عن سبيل الله وعن المسجد
الحرام، وزعم الفرّاء أنه معطوف على الهاء فى "به"، أى كفر به وبالمسجد
الحرام، ولا يجوز عند البصريين العطف على الضمير المجرور إلا بإعادة الجار، فلا
تقول: مررت به وزيد، ولكن تقول: بزيد، ولو كان معطوفاً على الهاء هنا لقيل: وكفر
به وبالمسجد الحرام.
·
Selebihnya, tafsir
Nasafiy kerap menyentuh aliran-aliran fiqih dalam beberapa ayat-ayat yang
berkenaan dengan hukum dan lebih cenderung kepada mazhab Hanafiy sebagaimana
contoh yang telah kami cantumkan di atas.
C. KRITIK ATAS TAFSIR AN NASAFIY
·
Di dalam tafsir An Nasafiy memilikipenjelasan yang
miskin terhdap banyak pendapat yang berkenaan ayat-ayat yang menjadi hujjah
beragam aliran, Nasafiy hanya menyebutkan dan terkesan enggan menjelaskan, ia
seakan berasumsi dengan popularitas pendapat-pendapat tersebut di banyak
kalangan dan kelanggengannya.
Sebagaimana contoh dalam kitab tafsirnya dalam surat
Al-mulk : 14 adalah sebagai berikut :
(أَلاَ
يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ ) «من» في موضع رفع بأنه فاعل { يَعْلَم } { وَهُوَ اللطيف
الخبير } أنكر أن لا يحيط علماً بالمضمر والمسر والمجهر من خلقها وصفته أنه اللطيف
أي العالم بدقائق الأشياء الخبير العالم بحقائق الأشياء ، وفيه إثبات خلق الأقوال
فيكون دليلاً على خلق أفعال العباد . وقال أبو بكر بن الأصم وجعفر بن حرب : { مَنْ
} مفعول والفاعل مضمر وهو الله تعالى فاحتالا بهذا لنفي خلق الأفعال .
Menurutnya, "Allah membantah bahwa
diri-Nya tidak mangetahui dengan segala penciptaan yang samar, rahasia dan
tampak. Karakter Tuhan adalah Yang Amha Mengetahui rahsia dan esensi segala
sesuatu. Terdapat penegasan teantang penciptaan ungkapan-ungkapan yang
sekaligus merupaka bukti bahwa Allah-lah yang menciptakan perbuatan hamba.
"kalimat man merupkan bentuk maf'ul, sementara fa'il
yang tidak disebutkan adalah
Allah." Keduanya dalam hal ini menaffikan penciptaan perbuatan
hamba."
·
Akan tetapi meski sangat hati-hati tetap
juga didapatkan dalam kitabnya kisah israiliyyat, Sebagaimana contoh dalam
kitab tafsirnya :
فمثلاً نجده عند تفسيره لقوله تعالى فى الآية [16] من سورة النمل:
{وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُودَ وَقَالَ ياأَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنطِقَ
الطَّيْرِ} يقول: روى أنه صاحب فاخته فأخبر أنها تقول: ليت ذا الخلق لم يُخلقوا،
وصاح طاووس فقال: يقول: كما تدين تدان. وصاح هدهد فقال: يقول: استغفروا الله يا
مذنبون. وصاح خطاف فقال: يقول: قدِّموا خيراً تجدوه، وصاحت رخمة فقال: تقول: سبحان
ربى الأعلى ملء سمائه وأرضه، وصاح قمرى فأخبر أنه يقول: سبحان ربى الأعلى، وقال:
الحدأة تقول: كل شئ هالك إلا الله، والقطاة تقول: مَن سكت سلم، والديك يقول:
اذكروا الله يا غافلون، والنسر يقول: يا بن آدم، عِشْ ما شئت آخرك الموت، والعُقاب
يقول: فى البُعد عن الناس أُنس. والضفدع يقول: سبحانه ربى القدوس.
ثم يتكلم عن قوله تعالى: {وَأُوتِينَا مِن كُلِّ شَيْءٍ} بدون أن يتعقب ما
ذكره من ذلك كله.
Surat An Naml : 16 "Dan sulaiman
telah mewaritsi Daud, da dia berkata : "Hai manusia kami telah diberi
pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuat. Sesungguhnya (semua)
ini benar-benar suatukarunia yang nyata".
Diriwayatkan konon seekor merpati berkata,
"Andai makhluk ini tidak pernah tercipta," Mendengar itu,
Merak menyahut, "Seberapa engkau memberikan pinjaman, seberapa
itu pula orang akan membayar padamu."
Nasafiy kemudian Menginventarisasi tiap
jenis burung tanpa mengomentarinya. Bahka kehilangan kehati-hatiannya kala
menyebutkan ungkapan yang sama sekali tidak meilik sandaran dari hadis sahih.
DAFTAR PUSTAKA
Adz zahabiy, Dr. Muhammad
Husain, Tanpa Tahun, At Tafsir Wa Al Mufassirun. Tanpa Tempat. Tanpa penerbit.
Abdullah bin ahmad bin mahmud An Nasafiy, Tafsir An Nasafiy (Madariq at
tanzil wa haqaiq At ta’wil).Tanpa
tahun. Tanpa tempat : Mauqi'u At Tafsir.
Mughniyah,
Muhammad Jawad. 2006. FIQIH Lima Mazhab. Jakarta: Penerbit
Lentera.
Prof. Dr. Mani’ Abd. Halim Mahmud, Metodologi
Tafsir, 2006, Jakarta ; PT. Raja Grafindo Persada.
Prof.
Asywadie
Syukur, LC, Terjemahan Al Milal
Wal Al Nihal (Aliran-Aliran Teologi Dalam Sejarah Umat Manusia), 2003,
Surabaya : PT. Bina Ilmu.
Comments
Post a Comment