KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS

KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS Pendahuluan latar belakang Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah dua sumber utama ajaran Islam. Oleh karena itu, keduanya selalu dijadikan landasan keyakinan, ritual, adat istiadat, etika, ekonomi, politik, peradaban dan seluruh aspek kehidupan umat Islam, baik yang sakral maupun duniawi, pada tataran ¥ abl minallah (vertikal) dan ¥ abl min al. -n ± s (horizontal).

METODE CARA KRITIK MATAN HADIS

1.      Kritik matan hadits adalah kegiatan yang mempunyai cara-cara sistimatis dalam mengkaji dan menelusuri kebenaran suatu hadits, sehingga ditemukan status hadits sahih dan tidak sahih dari segi matannya, ini juga dimaksudkan sebagai pengecekan kembali kebenaran sumber hadits yang disandarkan kepada Nabi saw., tersebut memang berasal dari beliau atau tidak dan kegiatan kritk matan memang sudah ada sejak zaman Nabi saw., masih hidup.

free DOWNLOAD makalah/artikel LENGKAP 
METODE CARA KRITIK MATAN HADIS

2.      Metodologi kritik matan hadits (kaidah mayor dan kaidah minor) adalah:
a.       Kaidah mayor bagi kesahihan matan hadits adalah: 1) terhindar dari syudzudz; dan 2) terhindar dari ‘illat.  Syudzudz dan ‘illat selain terjadi pada sanad  juga terjadi pada matan hadits.
b.      Adapun kaedah minor bagi matan yang terhindar dari syudzudz adalah :1) matan hadits bersangkutan tidak menyendiri; 2) matan hadits itu tidak bertentangan dengan  hadits yang lebih kuat; 3) matan hadits itu tidak bertentangan dengan al-Qur’an; 4) matan hadits itu tidak bertentangan dengan akal sehat, indera dan sejarah.
c.       Adapun kaedah minor yang tidak mengandung ‘illat adalah : 1) matan hadits tidak mengandung idraj (sisipan); 2) matan hadits tidak mengandung ziyadah (tambahan); 3) matan hadits tidak mengandung maqlub (pergantian lafaz atau kalimat); 4) tidak terjadi idhthirab (pertentangan yang tidak dapat dikompromikan); 5) tidak terjadi kerancuan lafaz dan penyimpangan makna yang jauh dari matan hadits itu.
3.      Langkah-langkah dalam melakukan kritik matan hadits adalah:
a.       Menghimpun hadits-hadits yang terjalin dalam tema yang sama
b.      Penelitian matan hadits dengan pendekatan hadits sahih
c.       Penelitian matan hadits dengan pendekatan al-Qur’an
d.      Penelitian matan hadits dengan pendekatan bahasa

e.       Penelitian matan dengan pendekatan sejarah

Comments

BERITA TERBARU !!

Popular posts from this blog

BIL MA'TSUR ( TAFSIR AYAT DENGAN AYAT )

CARA MELAKUKAN TAKHRIJ HADIS

download TAFSIR AL-NASAFIY

HADIS TARBAWIY DAN AKHLAK (BERKURANGNYA IMAN KARENA MAKSIAT)

cara atau Kaedah al-Jarh Wa al-Ta’dil Serta Aplikasinya

apa contoh MUKJIZAT AL-QUR'AN (Pengertian dan Pembagiannya)

cara TAMBAHAN - kaedah ZIYADAH DALAM AL-QUR'AN

cara melakukan MUNASABAH AYAT

QAWAIDH AL-TAHDIS (Pengertian , Ruang Lingkup dan Urgensinya )

kaedah 'ATAF - AL-'ATFU DALAM AL-QUR'AN