KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS

KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS Pendahuluan latar belakang Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah dua sumber utama ajaran Islam. Oleh karena itu, keduanya selalu dijadikan landasan keyakinan, ritual, adat istiadat, etika, ekonomi, politik, peradaban dan seluruh aspek kehidupan umat Islam, baik yang sakral maupun duniawi, pada tataran ¥ abl minallah (vertikal) dan ¥ abl min al. -n ± s (horizontal).

METODE MUQARAN dan APLIKASINYA

metode muqa>ran dalam penelitian hadis adalah metode perbandingan yang aplikasinya tidak hanya dalam fiqh al-hadis, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam perbandingan sanad dan matan. Perbandingan sanad dilakukan untuk menemukan adanya sya>hid dan mutta>bi’, sedangkan perbandingan matan dilakukan untuk mengetahui apakah hadis tersebut diriwayatkan secara makna atau lafal. Selain itu, perbandingan matan dapat menemukan adanya ziya>dah, idraj atau maqlu>b dalam sebuah matan hadis.
Adapun langkah-langkah penerapan metode muqa>ran :
1.      Penetapan judul yakni menetapkan sebuah tema yang akan dibahas dengan metode muqa>ran. Misalnya, tema tentang hadis-hadis yang berkenaan dengan syirik, nikah mut’ah atau tema yang lain.
free DOWNLOAD makalah/artikel LENGKAP

2.      Menghimpun hadis-hadis yang teRkait (sanad, matan dan mukharrij); setelah tema hadis ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah hadis-hadis yang berkaitan dengan tema tersebut dikumpulkan secara lengkap, baik dari sisi sanad, matan maupun mukharrijnya.
3.       Membuktikan kualitas hadis; telah menjadi aksioma dalam penelitian hadis bahwa kegiatan fiqh al-h}adis\ dapat dilakukan jika hadis yang akan dipahami telah dibuktikan kesahihannya, baik dari sisi sanad maupun dari sisi matan.
4.      Meilhat pandangan ulama; salah satu hal yang diperbandingkan dalam metode muqa>ran adalah pandangan para ulama yang memiliki komentar terhadap hadis yang dibahas.
5.      Mengambil kesimpulan hadis; setelah mengkaji berbagai hadis dari tema yang sama dengan berbagai pandangan para ulama terhadap pemahaman hadis tersebut, maka seorang peneliti kemudian menentukan kesimpulan dari pemahaman hadis tersebut.


Comments

BERITA TERBARU !!

Popular posts from this blog

BIL MA'TSUR ( TAFSIR AYAT DENGAN AYAT )

CARA MELAKUKAN TAKHRIJ HADIS

download TAFSIR AL-NASAFIY

HADIS TARBAWIY DAN AKHLAK (BERKURANGNYA IMAN KARENA MAKSIAT)

cara atau Kaedah al-Jarh Wa al-Ta’dil Serta Aplikasinya

apa contoh MUKJIZAT AL-QUR'AN (Pengertian dan Pembagiannya)

cara TAMBAHAN - kaedah ZIYADAH DALAM AL-QUR'AN

cara melakukan MUNASABAH AYAT

QAWAIDH AL-TAHDIS (Pengertian , Ruang Lingkup dan Urgensinya )

kaedah 'ATAF - AL-'ATFU DALAM AL-QUR'AN