KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS

KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS Pendahuluan latar belakang Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah dua sumber utama ajaran Islam. Oleh karena itu, keduanya selalu dijadikan landasan keyakinan, ritual, adat istiadat, etika, ekonomi, politik, peradaban dan seluruh aspek kehidupan umat Islam, baik yang sakral maupun duniawi, pada tataran ¥ abl minallah (vertikal) dan ¥ abl min al. -n ± s (horizontal).

apa contoh MUKJIZAT AL-QUR'AN (Pengertian dan Pembagiannya)

MUKJIZAT AL-QUR'AN
(Pengertian dan Pembagiannya)

Oleh;
ZAHARUDDIN
NIM: 80100213124



Dosen Pemandu;
Prof. Drs. K.H. M. Rafii Yunus, M.A, Ph.D.
Dr. Firdaus, M.Ag




PROGRAM  PASCASARJANA (S2)
UNIVERSITAS  ISLAM  NEGERI  ALAUDDIN
MAKASSAR
2014



CAT :
MATERI INI TIDAK DI LENGKAPI REFERENSI FOOT NOTE DAN DAFTAR PUSTAKA

SILAHKAN DOWNLOAD MATERI LENGKAPNYA DI SITUS BARU KAMI




BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang

B.    Rumusan Masalah

BAB II
MUKJIZAT AL-QUR’AN

A.    Pengertian Mukjizat Al-Qur’an
Kata ‘ijaz berasal dari kata a’jaza “melemahkan” atau “menjadikan tidak mampu[1] atau “menetapkan kelemahan”[2] apabila pengertian ini dikaitkan dengan risalah Nabi Saw yang membawa Al-Qur’an dapat dipahami bahwa kemukjizatan itu ditujukan untuk menjelaskan kitab ini adalah haq dan Rasul yang membawanya adalah rasul yang benar. Tidak ada satu mukjizat pun yang dapat ditandingi oleh manusia meskipun hanya untuk membuat satu surat saja.
Mukjizat secara terminology (istilah) oleh ulama di defenisikan dengan beberapa rumusan yaitu :
1.         Manna’ Al-Qatthan :
Yang artinya  : “Sesuatu hal luar biasa disertai tantangan dan selamat dari     perlawanan”[3].
2.         As-Suyuthi  :
Yang artinya  :     “Perkara luar biasa yang disertai tantangan dan tidak   satupun makhluk Tuhan yang sanggup menjawab tantangan tersebut baik secara hissi maupun aqhli”[4].
3.         Muhammad Quraish Shihab
“Suatu peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seorang yang mengaku  Nabi, sebaga bukti kenabian nya yang di tantang orang banyak namun mereka tidak mampu melawannya”[5].
Defenisi yang dikemukakan Ulama di atas, secara substansial tidak terdapat perbedaan bahkan dapat di tarik suatu pemahaman bahwa mukjizat adalah hal luar biasa yang menjadi salah satu cirri dari mukjizat yang tak terkalahkan.
Mukjizat adalah  peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seseorang yang mengaku Nabi, sebagai bukti kenabiannya. Dengan redaksi yang berbeda, mukjizat didefinisikan pula sebagai suatu yang luar biasa yang diperlihatkan Allah SWT. Melalui para Nabi dan Rasul-Nya, sebagai bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulannya.
Kata I’jaz dalam bahasa Arab berarti menganggap lemah kepada orang lain. Sebagimana Allah berfirman:
(المائدة: 31)أَعْجَزَتُ أَنْ أَكُوْنَ مِثْلَ هَذَاالْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْءَةَ أَخِيْ 
“…Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini” (QS. Al Maidah (5): 31)

Maksud kumukjizatan Al-Qur’an bukan semata mata untuk melemahkan manusia atau menyadarkan mereka atas kelemahanya untuk mendatangkan semisal Al-Qur’an akan tetapi tujuan yang sebenarnya adalah untuk menjelaskan kebenaran Al-Qur’an dan Rasul yang membawanya dan sekaligus menetapkan bahwa sesuatu yang dibawa oleh mereka hanya sekedar menyampaikan risalah Allah SWT, mengkhabarkan dan menyerukan.
Unsur-unsur mukjizat, sebagaimana dijelaskan oleh Quraish Shihab, adalah:
a)         Hal atau peristiwa yang luar biasa
Peristiwa-peristiwa alam, yang terlihat sehari-hari, walaupun menakjubkan, tidak dinamai mukjizat. Hal ini karena peristiwa tersebut merupakan suatu yang biasa. Yang dimaksud dengan “luar biasa” adalah sesuatu yang berbeda di luar jangkauan sebab akibat yang hukum-hukumnya diketahui secara umum. Demikian pula dengan hipnotis dan sihir, misalnya sekilas tampak ajaib atau luar biasa, karena dapat dipelajari, tidak termasuk dalam pengertian “luar biasa” dalam definisi di atas.
b)        Terjadi atau dipaparkan oleh seseorang yang mengaku Nabi.
Hal-hal di luar kebiasaan tidak mustahil terjadi pada diri siapapun. Apabila keluarbiasaan tersebut bukan dari seorang yang mengaku Nabi, hal itu tidak dinamai mukjizat. Demikian pula sesuatu yang luar biasa pada diri seseorang yang kelak bakal menjadi Nabi ini pun tidak dinamai mukjizat, melainkan irhash. Keluarbiasaan itu terjadi pada diri seseorang yang taat dan dicintai Allah, tetapi inipun tidak disebut mukjizat, melainkan karamah atau kerahmatan. Bahkan,karamah ini bisa dimiliki oleh seseorang yang durhaka kepada-Nya, yang terakhir dinamai ihanah(penghinaan) atau Istidraj (rangsangan untuk lebih durhaka lagi).
Bertitik tolak dari kayakinan umat Islam bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah Nabi terakhir, maka jelaslah bahwa tidak mungkin lagi terjadi suatumukjizat sepeninggalannya. Namun, ini bukan berarti bahwa keluarbiasaan tidak dapat terjadi dewasa ini.
c)         Mendukung tantangan terhadap mereka yang meragukan kenabian
Tentu saja ini harus bersamaan dengan pengakuannya sebagai Nabi, bukan sebelum dan sesudahnya. Di saat ini, tantangan tersebut harus pula merupakan sesuatu yang berjalan dengan ucapan sang Nabi. Kalau misalnya ia berkata, “batu ini dapat bicara”, tetapi ketika batu itu berbicara, dikatakannya bahwa “Sang penantang berbohong”, maka keluarbiasaan ini bukan mukjizat, tetapi ihanah atauistidraj
d)        Tantangan tersebut tidak mampu atau gagal dilayani
Bila yang ditantang berhasil melakukan hal serupa, ini berarti bahwa pengakuan sang penantang tidak terbukti. Perlu digarisbawahi di sini bahwa kandungan tantangan harus benar-benar dipahami oleh yang ditantang. Untuk membuktikan kegagalan mereka, aspek kemukjizatan tiap-tiap Nabi sesuai dengan bidang keahlian umatnya.”[6]
Mukjizat adalah  sebagai keajaiban yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia Sedangkan pengertian Al –Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh ALLAH SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw untuk di sampaikan kepada  Ummat Manusia untuk dijadikan sebagai pedoman hidup demi mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Jadi dapat disimpulkan pengertian mukjizat Al-Qur’an adalah suatu hal yang luar biasa yang diturunkan Allah melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw untuk disampaikan kepada Umat nya untuk di jadikan pedoman hidup.

B.    Macam – Macam  Mukjizat
Secara garis besar, mukjizat dibagi dalam dua bagian pokok, yaitu mukjizat yang bersifat material indrawi (hissiyah) yang tidak kekal dan mukjizat immaterial, logis, dan dapat dibuktikan (ma’nawiyah) sepanjang masa. Mukjizat nabi-nabi terdahulu merupakan jenis pertama. Mukjizat mereka bersifat material dan indrawi dalam arti keluarbiasaan tersebut dapat disaksikan dan dijangkau langsung lewat indra oleh masyarakat tempat mereka menyampaikan risalahnya.[7]
1)      Mukjizat “Hissiy” yang dapat dilihat oleh mata manusia, di dengarkan oleh telinga manusia, diraba oleh tangan, diras ole lidah, jelasnya dapat di capai oleh panca indra.
Mukjizat ini sengaja diperlihatkan oleh manusia biasa, yakni mereka yang tidak biasa menggunakan kecerdasan pikirannya, yang tidak cakap pandangan mata hati nya, dan yang rendah budi dan perasaannya.
2)      Mukjizat maknawi ialah mukjzat yang tidak mungkin dapat dicapai dengan kekuatan panca indra, tetapi harus dicapai dengan kekuatan “aqli” atau dengan kecerdasan pikiran  Karena orang tidak akan  mungkin mengenal mukjizat melainkan orang yang berfikir sehat, bermata hati, berbudi luhur, dan yang suka mempergunakan kecerdasan pikirannya dengan cerdas dan jernih.”[8]
Mukjizat dapat juga dibagi dalam dua bagian pokok, yaitu  yang bersifat Material, indrawi lagi tidak kekal dan mukjizat  immaterial,logis lagi dapat dibuktikan sepanjang masa. Mukjizat Nabi-Nabi terdahulu kesemuanya merupakan jenis pertama, Mukjizat mereka bersifat material dan indrawi dalam arti keluarbiasaan tersebut dapat disaksikan/dijangkau langsung lewat indra oleh masyarakat, tempat Nabi tersebut menyampaikan risalahnya. Contoh mukjizat yang bersifat material, indrawi, yaitu ; perahu Nabi Nuh yang dibuat atas petunjuk Allah  sehingga mampu bertahan dalam situasi ombak dan gelombang yang demikian dahsyat ; tidak terbakarnya Nabi Ibrahim as dalam kobaran api yang sangat besar ; dan tongkat Nabi Musa yang dapat berubah menjadi ular yang besar. Semua itu bersifat material indrawi, sekaligus berbatas pada lokasi tempat nabi tersebut berada. Dan berakhir dengan wafatnya masing – masing Nabi.
 “Ini berbeda dengan mukjizat Nabi Muhammad saw yang sifatnya bukan indrawi atau material,namun dapat dipahami oleh akal karena sifatnya yang demikian, maka ia tidak dibatasi oleh suatu tempat atu  masa tertentu”.[9]
Umumnya mukjizat para Nabi dan Rasul itu dikaitkan dengan  risalah yang dianggap mempunyai nilai yang tinggi dan diakui sebagai suatu keunggulan dari masing – masing umatnya pada masa itu, “Misalnya ;
a)      Zaman Nabi Musa as adalah zaman tukang sihir, maka mukjizat umatnya adalah mengalahkan tukang sihir tersebut (QS.AL-A’RAF).
b)      Zaman Nabi Isa zaman kemajuan ilmu kedokteran, maka mukjizat utamanya adalahmenyembuhkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan pengobatan biasa yaitu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan , dan orang yang berpenyakit sofak, serta menghidupkan orang yang sudah mati”.[10]
Zaman Nabi  Muhammad Saw, adalah “zaman kesusastraan arab maka mukjizat utamanya adalah Al-Qur’an”[11]. Kitab suci yang ayat –ayatnya mengandung nilai – nilai sastra yang amat tinggi. Mukjizat Al-Qur’an dapat dijangkau oleh setiap orang yang menggunakan akalnya dimana dan  kapanpun.

Contoh lain :
Perahu Nabi Nuh yang dibuat atas petunjuk Allah sehingga mampu bertahan dalam situasi ombak dan gelombang yang demikian dahsyat. Tidak terbakarnya Nabi Ibrahim a.s dalam kobaran api yang sangat besar; berubah wujudnya tongkat Nabi Musa a.s. menjadi ular; penyembuhan yang dilakukan oleh Nabi Isa a.s. atas izin Allah, dan lain-lain, kesemuanya bersifat material indrawi, sekaligus terbatas pada lokasi tempat mereka berada, dan berakhir dengan wafatnya mereka. Ini berbeda dengan mukjizat Nabi Muhammad SAW, yang sifatnya bukan indrawi atau material, tetapi dapat dipahami akal. Karena sifatnya yang demikian, ia tidak dibatasi oleh suatu tempat atau masa tertentu. MukjizatAl-Qur’an dapat dijangkau oleh setiap orang yang menggunakan akalnya dimana dan kapanpun.[12]

Perbedaan ini disebabkan oleh dua hal pokok:[13]
·           Para Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW, ditugaskan untuk masyarakat dan masa tertentu. Karena itu, mukjizat mereka hanya berlaku untuk masa dan masyarakat tersebut, tidak untuk sesudah mereka. Ini berbeda dengan mukjizat Nabi Muhammad  yang diutus seluruh umat manusia sampai akhir zaman sehingga bukti ajaranya harus selalu ada dimana dan kapanpun berada.
·           Manusia mengalami perkembangan dalam pemikiranya. Umat para Nabi khususnya sebelum Nabi Muhammad membutuhkan bukti kebenaran yang sesuai dengan tingkat pemikiran mereka. Bukti tersebut harus demikian jelas dan langsung terjangkau oleh indra mereka. Akan tetapi, setelah manusia  mulai menanjak ke tahap kedewasaan berpikir, bukti yang bersifat indrawi tidak dibutuhkan lagi.

C.    Segi – Segi Kemukjizatan Al-Qur’an
1)     Kemukjizatan Al-Qur’an dari segi kebahasaan
Gaya bahasa Al-Qur’an membuat orang Arab pada saat itu merasa kagum dan terpesona, bukan saja orang-orang mukmin, tetapi juga bagi orang-orang kafir. Kehalusan ungkapan bahasanya membuat banyak diantara mereka masuk Islam. Bahkan, Umar bin Khattab pun yang mulanya dikenal sebagai orang yang paling memusuhi nabi Muhammad SAW, dan bahkan berusaha membunuhnya, memutuskan masuk Islam dan beriman pada kerasulan Muhammad hanya karena membaca petikan ayat-ayat Al-Qur-an. Susunan Al-Qur-an tidak dapat disamakan oleh karya sebaik apa pun.[14]                
Dalam hal ini susunan bahasa  yang dipergunakan  Al-Qur’an berbeda dengan susunan arab. Susunan gaya bahasa dalam Al  - Qur’an tidak dapat disamakan dengan apapun. AL-QUR’AN bukanlah susunan syair dan prosa. Ini dibuktikan oleh tokoh-tokoh sastra arab dan ahli pidato seperti Walid Bin Mughirah, Utsbah ibnu rabi’ah dan sastrawan terkenal lainnya”.[15] Akan tetapi dengan turunnya Al-Qur’an diiringi gaya bahasa yang unik dan menawan membuat mereka terpukau. Contohnya kisah Walid Mughirah yang dating kepada nabi Muhammad Saw lalu ia berkata bahwa ucapan Muhammad Saw begitu indah dan ia tersentuh. Kemudian ia mendatangi kaumnya Bani Makhzum lalu berkata kepada mereka “demiALLAH Ketika aku mendatangi Muhammad  aku mendengar perkataan yang bukan perkataan dari manusia dan jin, kata – katanya begitu manis dan indah padahal Walid adalah seorang sastrawan terkenal dikalangan kaumnya.
Peristiwa ini memberikan gambaran bahwa bukan tidak ada bentuk perlawanan yang dilakukan orang arab. Akan tetapi karena memang bahasa Al –Qur’an itu begitu tinggi sehingga mereka tidak mampu menandinginya lebih lanjut AL-baqillani menjelaskan bahwa salah satu kemukjizata Al-Qur’an yang utama terletak dari keindahan dan susunan kalimatnya yang jauh berbeda dengan system da tata urutannya yang jauh lebih umum dan di kenal luas di kalangan para sastrawan arab.
Lebih lanjut Muhammad Quraish shihab berpendapat  bahwa sebenarnya aspek kebahasaan ini lebih terasa bagi orang-orang yg menguasai bahasa arab  sebab sebelum orang lain terpesona dengan keunikan atau kemukjizatan pesan kandungan Al-Qur’an terlebih dahulu dia akan terpuaku oleh keberadaan susunan kata dan kalimatnya yang mengandung  :
a)        Nada dan Langgamnya
Walaupun Al-Qur’an bukan berbentuk puisi atau syair  namun apabila orang mendengarnya maka hal pertama yang terasa di telinga nada dan langgamnya.
b)        Singkat dan Padat
Tidak mudah menyusun kalimat yang singkat dan sarat makna akan tetapi Al-Qur’an menghadirkannya ia memiliki keistimewaan dari segi kata dan kalimat yang sangat singkat dan padat, dapat menampung sekian banyak makna dengan penafsira yang bermacam – macam bentuk penafsiran .
c)        Memuaskan para cendikiawan dan orang awam
Keberada Al-qur’an mampu dipahami oleh semua tingkat manusia. Ketika seorang awam memahami Al-Qur’an, ia dapat memahami sesuai tingkata dan keterbatasan kemampuannya. Kalau dipahami oleh seseorang yang mempunyai tingkat intelektual yang tinggi, ia pun akan memahami sesuai dengan kecerdasannya. Berbeda dengan karya lmiah dan artikel, disaat dibaca oleh seseorang  boleh jadi ia menilainya sangat dangkal sehingga tidak sesuai dengan selera penulis dan ilmuan, bisa juga sebaliknya sehingga ia tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang.
d)        Memuaskan Akal Dan Jiwa
Allah Swt  menganugrahkan kepada manusia daya piker dan rasa atau akal dan qalbu. Akal mendorong seseorang untuk memberikan argumentasi guna mendukung pandangannya. Sementara qalbu mengantarkannya mengekspresikan keindahan dan mengembangkan imajinasinya.  Biasanya dalam bahasa, sulit untuk memuaskan keduanya[16] Tanpa mengenyampingkan yang lain salah satu diantaranya serta dirasakan secara seimbang. Untuk memerintahkan sesuatu Al-qur’an menggunakan aneka gaya, satu kali dengan perintah tegas bdi kesempatan lain dengan mengatakan suatu kewajiban.
e)        Kindahan Dan Ketetapan Maknannya
Tidak mudah menjelaskankeindraan bahasa  Al-Quar’an bagi yang tidak memiliki rasa bahasa arab atau pengetahuan tentang tata bahasa”.[17]
f)         Keseimbangan Redaksi Al-qur’an
Menurut Abdul al –Razaq Naufal, Al-Qur’an memiliki kesinambungan jumlah kata dengan antonimnya, sinonimnya, akibatnya, penyebabnya dan keseimbangan khusus”.[18]
·           Keseimbangan jumlah kata dengan kata antonimnya
·           Keseimbangan kata jumlah kata dengan kata sinonimnya
·           Keseimbangan jumlah antara suatu kata dengan kata lain yang menunjukkan pada akibatnya.
·           Keseimbangan jumlah kata dengan kata penyebabnya
·           Keseimbangan Yang Bersifat Khusus

2)     Kemukjizatan Al-Qur’an Dari Segi Kandungan Pemberitaannya
a)        pemberitaan kisah masa lalu
b)        Pemberitaan peristiwa yang akan terjadi masa yang akan dating
c)        Berita tentang Hal-hal yang Gaib
Sebagaimana ulama mengatakan bahwa sebagian mukjizat Al-Qur'an itu adalah berita gaib. Salah satu contohnya adalah Fir’aun, yang mengejar-ngejar Nabi Musa. Hal ini, diceritakan dalam suratYunus (10) ayat 92:

Maka pada hari Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.”

Pada ayat itu ditegaskan bahwa badan Firaun akan diselamatkan Tuhan untuk menjadi pelajaran bagi generasi berikutnya. Tidak seorang pun mengetahui hal tersebut karena telah terjadi sekitar 1.200 tahun SM. Pada awal abad ke-19, tepatnya pada tahun 1896 di lembah raja-raja Luxor Mesir, seorang ahli purbakala Loret menemukan satu mumi, yang dari data-data sejarah terbukti bahwa ia Firaun yang bernama Muniftah yang pernah mengejar Nabi Musa a.s. selain itu pada tanggal 8 Juli 1908, Elliot Smith mendapat izin dari pemerintah Mesir untuk membuka pembalut-pembalut Firaun tersebut. Apa yang ditemukannya satu jasad utuh, seperti yang diberitakan Al-Qur'an melalui Nabi yang ummy(tidak pandai membaca dan menulis)[19]

3)     Kemukjizatan Al-Qur’an Dari Segi Kesempurnaan Tasyri’
Petunjuk yang terdapat dalam Al-Qur’an mengendung pokok ajaran yaitu aqidah, syari’ah dan ibadah. Rasyid Ridha mengatakan cerara tegas bahwa petunjuk A-Qur’an tentang  aqidah , metafisika, social dan politik merupakan pengetahuan yang sangat tinggi nilainya”.[20]

4)     Kemu’jizatan Al-Qur’an Dari Segi Isyarat Keilmuan
Al-Qur’an memperlihatkan keistimewaan yang melalui ilustrasi – ilustrasi ajarannya yang member isyarat kea rah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kesemuanya manyoritas banyak hal dalam kehidupan alam baik proses terjadinya alam, mekanisme kehidupan manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan.
Dari hasil penelitian, pengamatan dan kesimpulan para ilmuan muslim, terhadap dimensi keilmuan dalam al-Qur’an, terlihat bahwa al-Qur’an telah mengisyaratkan pentumbuhan berbagai bidang ilmu, baik ilmu kealaman maupun social kemasyarakatan, ilmu-ilmu tersebut adalah ;
a)        Fisika
Al-Qur’an bukan ilmu pengetahuan ataupun fisika namun ia merupakan proses penyampaian pesan ajaran. Didalam mengungkapkan berbagai ilustrasi tentang kehidupan alam yang kemudian ditangkap para ilmuan sebagai isyarat ilmu pengetahuan.
b)        Biologi
            salah satu tema penting dalam al-Qur’an sekaligus keistimewaannya adalah ungkapannya tentang reproduksi manusia yang dikenal dalam disiplin ilmu biologi”.[21]
c)        Astronomi
            astronomi merupakan salah satu tema penting al-Qur’an, cukup banyak ayat yang mengungkap benda angkasa. Allah Swt mengatakan bahwa Ia telah menundukkan benda-benda langit dan ruang angkasa serta benda-benda bumi untuk manusia”.[22]
d)        Kimia
Percampuran kimiawi merupakan sunnatullah Hukum Allah Swt. Untuk kehidupan alamsemesta, sebab isyarat untuk kajian kimiawi juga diungkapkan al-Qur’an .
e)        Geologi
ilmu ini berrbicara khusus tentang lapisan bumi baik dalam maupun kulit”.[23]


f)         Kesehatan
Salah satu yang jadi perhatian serius al-Qur’an adalah pembinaan budaya hidup sehat melalui tradisi hidup bersih, al-Qur’an memerintahkan setiap muslim yang hendak menghadap khaliq nyabersuci lebih dulu. Dan masalah makanan, kita harus memperhatikan kehalallan nya apakah baik untuk kesehatan atau tidak. Misalnya memakan banghkai binatang sama saja memindahkan penyakit kedalam tubuh begitu juga ddengan daging babi yang mengandung unsure tri ahine dan syticarus teania solium”.[24]
g)        Pertanian
Pembinaan dan pengembangan ekonomi melalui sector pertanian belum menjadi tradisi dikalangan masyarakat arab pada masa Nabi. Karena itu ayat-ayat yang menyinggung masalah pertanian banyak ditampilkan dalam bentuk khabariyah secara inplisit mengandung seruan dan peringatan kepada umat islam agar memamfaatkan hamparan bumi sebagai lahan – lahan produktif. 
h)        Ekonomi Dan Perdagangan
Ayat-ayat ekonomi dan perdagangan dalam al-Quran cenderung bercorak mengatur antara batas-batas yang di benerkan dan tidak. Tolak ukurnya adalah prinsip ridha sehingga tidak ada yang di rugikan dalam proses transaksi mua’malat”.[25]

Diantara segi – segi kemukjizatan Al-Qur’an yang tecantum di atas, terdapat beberapa segi kemukjizatan al-Qur’an yang lainnya yaitu ;
1)        Susunan yang indah yaitu, susunan yang berbeda dengan bahasa yang ada dalam orang – orang arab.
2)        Adanya uslun yang aneh, bernbeda dengan semua uslub-uslub dalam bahasa arab.
3)        Sifat agung yang tidak mungkin lagi seorang makhlik datangkan hal seperti itu
4)        Bentuk undang-undang yang detail lagi sempurna yang melebihi setiap undang-undang manusia
5)        Menggambarkan hal-hal ghaib yang tidak mungkin bisa di ketahui kecuali dengan wahyu
6)        Tidak bertentangan dengan pengetahuan – pengetahuan umum yang dipastikan kebenarannya.
7)        Menepati janji yang di kabarkan al-Qur’an
8)        Adanya ilmu-ilmu pengetahuan yang terkandung di dalam nya”.[26]

D.    Perbedaan  Pendapat Dikalangan Para Ulama
Mengenai aspek kemukjizatan  al-Qur’an ulama berbeda pendapat, ini disebabkan berbedanya sudut  pandang mereka dalam memahami al-Qur’an itu sendiri. Ungkapan I ni sebenarnya memberikan suatu pemahaman bahwa pada dasarnya al-Qur’an memiliki kemukjizatan yang sangat luas sehingga keberadaannya senantiasa relefan sepanjang zaman.
            Al-baqillani melihat kemukjizatan al-Qur’an dari tiga aspek, yaitu kandungan al-Qur’an mengenai berita ghaib, Kaum  Nabi Muhammad SAW. Dan keindahan bahasa al-Qur’an”.[27] Abu Hasan an –Nadawi memandang kemukjizatan al-Qur’an tidak hanya terletak pada aspek kebahasaan tetapi juga informasi keagamaan, pengungkapan kisah orang terdahulu dan tidak semua terungkap dalam penelitian sejarah”.[28] m usthafah Muhammad menganggap bahwa kemukjizatan al-Qur’an  tidak hanya terletak pada pengaruh bacaannya dalam lubuk hati para pendengarnya”.[29] Muhammad Quraish Shihab lebih menekankan kemukjizatan al-Qur’an dari aspek keindahan dan ketelitian redaksinya, pemberitaan ghaib.
Dari beberapa pendapat ulama di atas,terlihat bahwa salah satu pusat kemukjizatan al-Quran  terletak pada keindahan bahasa, kedalaman kandungannya meliputi pemberitaan tentang yang ghaib dan  isyarat ilmiah serta tasyri .
Al-qur’an mengandung kata-kata “pengutus” yang menuntaskan perdebatan antara kedua kelompok tersebut dengan penyebutan tanda-tanda kekuasaan Allah kepada makhluknya agar mereka memikirkannya dan merenungkannya untuk memasuki keimanan yang murni kepada Allah melelui kesadaran tentang keesaan dan kekuasaan Allah dalam ciptaannya. Al-qur’an menenmpuh bermacam-macam cara untuk memikirkan dan merenungkan tanda-tanda keskuasaannya.
Di dalam Al-qur’an banyak disebut langit dan bumi , matahari , bulan, bintang, dan komet meteor , mata untuk melihat , tangan untuk memegang, kaki untuk berjalan , otak untuk berfikir, mulut untuk berbicara, binatang, tumbuhan. Dll.semua itu sekedar contoh yang belum mencakup dalam hal-hal yang diperintahkan oleh Al-qur’an kepada ulul albab untuk memikirkannya dan merenungkannya. Barang siapa yang merenungkan seruan  Al-qur’an untuk memperhatikan tanda tandakekuasaannya, Allah akan menemukan seruan itu masuk kedalam jiwa orang-orang mukmin sebagai perintah, jadi masalahnya adalah kewajiban dan tugas”.[30]

·           Mukjizat dan Sihir
Sihir berasal dari Bahasa Arab sihir yang bermakna guna-guna, mantra, atau pesona. Padanan sihir dalam Bahasa Inggris adalah sorcery, witchcraft, dan magic (untuk membedakan dari magic sulap). Sihir yang dimaksud dalam pembahasan kali ini adalah segala macam aksi irrasional yang dilakukan dengan cara-cara supernatural di luar mukjizat dan keramat. Sihir di sini tidak mencakup sulap yang menggunakan trik psikologis semata.
Tukang-tukang sihir, dukun, dan manusia semodel mereka seringkali memamerkan “kehebatan” mereka, kebal api atau kebal bacokan pedang. Sebagian mereka tidur di atas paku-paku tajam atau dengan bangganya memakan pecahan-pecahan kaca. Aneh memang. Televisi pun tak ketinggalan menayangkan acara-acara tersebut. Anehnya, perbuatan syirik tersebut dianggap kesenian, budaya yang mendatangkan devisa, dan lebih menyedihkan manakala seorang yang menyatakan dirinya muslim berdecak kagum menyaksikan “kehebatan” mereka. Allahul Musta’an. Sepintas, fenomena aneh di hadapan kita itu mirip dengan mukjizat Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam yang utuh tidak terbakar tatkala dilempar kaumnya di tengah kobaran api. Karena kemiripan antara mukjizat dan sihir dari sisi keduanya menyelisihi adat kebiasaan dan hukum alam, maka kita perlu memahami perbedaan mendasar antara mukjizat dan sihir.
Di antara hal penting yang menjadi kaidah membedakan antara mukjizat dan sihir:
1.     Mukjizat berasal dari Allah Subhanahu wata’ala sebagai bentuk pemuliaan terhadapnabi dan rasul-Nya. Adapun sihir adalah amalan-amalan setan.
Bagaimana sihir terwujud? Tukang sihir dan dukun tidak mungkin melakukan perkara-perkara aneh tersebut melainkan jika mau memberikan persembahan kepada setan-setan, seperti menyembelih untuk jin, memberikan sesaji, atau yang semisalnya. Oleh karena itu, sihir adalah bentuk kekufuran kepada Allah Subhanahu wata’ala dan pelakunya kafir sebagaimana firman-Nya,
وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَىٰ مُلْكِ سُلَيْمَانَ ۖ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَٰكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ
“Mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia.” (al-Baqarah: 102)

2.     Di antara perbedaan mendasar antara mukjizat dan sihir, mukjizat mengandung tantangan yang bersifat umum bagi penentang dakwah rasul untuk menghadapi mukjizat itu, kalau memang mereka mampu.
Allah Subhanahu wata’ala berfirman tentang mukjizat al-Qur’an,
قُل لَّئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰ أَن يَأْتُوا بِمِثْلِ هَٰذَا الْقُرْآنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا
Katakanlah, “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Qur’an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain.” (al-Isra’: 88)
Berbeda halnya dengan sihir, tidak ada seorang penyihir pun berani membuka tantangan secara umum. Sebab, mereka tahu, banyak pula manusia yang seprofesi yang mungkin mendatangkan sihir yang lebih kuat, dan ini merugikan mereka sendiri. Apalagi saat sihir dihadapkan dengan ayat-ayat al-Qur’an dan zikir, niscaya mereka akan menuai kekalahan dan kebinasaan.
3.     Mukjizat diberikan oleh Allah Subhanahu wata’ala kepada nabi dan rasul-Nya tanpalaku/latihan tertentu, belajar, atau kaidah-kaidah yang harus senantiasa diterapkan.
Tidak pernah Nabi Musa ‘Alaihissalam mempelajari bagaimana tongkatnya berubah menjadi ular atau membelah lautan. Demikian pula semua mukjizat nabi dan rasul. Adapun sihir, ilmu ini memiliki kaidah-kaidah yang bisa dipelajari setiap orang, dengan syarat dia mau menjual agamanya. Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
وَلَٰكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ ۚ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّىٰ يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ ۖ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ ۚ وَمَا هُم بِضَارِّينَ بِهِ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ وَيَتَعَلَّمُونَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنفَعُهُمْ ۚ
Hanya setan-setan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut, sedangkan keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir.” Mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudarat dengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah. Mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudarat kepadanya dan tidak memberi manfaat. (al-Baqarah: 102)
4.     Sihir selalu bisa dikalahkan, baik dengan sihir yang lebih kuat maupun dengan zikir dan bacaan al-Qur’an. Berbeda halnya dengan mukjizat, tidak mungkin dikalahkan.
Allah Subhanahu wata’ala mengisahkan kekalahan sihir-sihir terhebat di zaman Musa ‘Alaihissalam. Sihir tidak mampu berhadapan dengan mukjizat Nabi Musa ‘Alaihissalam.
وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ مُوسَىٰ أَنْ أَلْقِ عَصَاكَ ۖ فَإِذَا هِيَ تَلْقَفُ مَا يَأْفِكُونَ () فَوَقَعَ الْحَقُّ وَبَطَلَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ () فَغُلِبُوا هُنَالِكَ وَانقَلَبُوا صَاغِرِينَ
Dan kami wahyukan kepada Musa, “Lemparkanlah tongkatmu!” Sekonyongkonyong tongkat itu menelan apa yang mereka sihirkan. Karena itu, nyatalah yang benar dan batallah yang selalu merekakerjakan. Mereka kalah di tempat itu dan jadilah mereka orang-orang yang hina. (al-A’raf: 117—119)
لَبِثُوا فِي كَهْفِهِمْ ثَلَاثَ مِائَةٍ سِنِينَ وَازْدَادُوا تِسْعًا
“Mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).” (al-Kahfi: 25)
Karamah hampir sama dengan mukjizat. Keduanya dari Allah Subhanahu wata’ala, hanya saja karamah tidak diiringi dengan pengakuan kenabian. Pembahasan tentang karamah insya Allah akan kita khususkan pada rubrik “Hadits.”
·           Mukjizat dan Keramat
Yang saya maksud dengan keramat di sini bukanlah kata sifat sebagaimana dalam keris keramat, kuburan keramat, celana dalam keramat, dan sejenisnya. Keramat di sini adalah ejaan Indonesia untuk kata Arab karamah; ejaan alternatifnya adalah karomah.
Sebagian muslim ada yang meyakini keberadaan keramat secara berlebihan sehingga menyamakannya dengan mukjizat. Banyak penganut ajaran sufisme yang meyakini bahwa guru mereka adalah wali Allah yang setiap hari Jum’at selalu melaksanakan shalat Jum’at di Makkah meskipun sehari-harinya selalu terlihat di—katakanlah—Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sebagian lagi justru secara ekstrem menafikan keberadaan keramat. Lalu, bagaimanakah sikap yang benar?
Berdasarkan apa yang saya pahami dari Al-Quran, keramat dan mukjizat memiliki sejumlah persamaan dan perbedaan yang fundamental. Persamaannya antara lain sama-sama terjadi atas perintah dan kehendak Allah dan sama-sama terjadi pada orang yang sangat saleh sehingga derajatnya begitu tinggi di sisi Allah. Adapun perbedaannya adalah mukjizat dipertunjukkan secara sadar dan sengaja oleh nabi atau rasul yang bersangkutan sedangkan keramat terjadi begitu saja pada orang saleh yang Allah kehendaki tanpa dapat dikendalikan apalagi dipertunjukkan ulang secara sadar dan sengaja oleh orang tersebut.
Contoh keramat yang diceritakan dalam Al-Quran adalah apa yang terjadi pada Maryam bintu ‘Imran alias Bunda Maria alias Virgin Mary. Maryam as. bukanlah nabi apalagi rasul. Beliau hanyalah wanita shalihah yang sejak sebelum lahirnya telah dinadzarkan oleh ibunya, Hannah alias Anne, untuk mengkhidmatkan diri dalam ibadah kepada Allah. Lalu, apa saja keramat Maryam.

“Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya. Setiap Zakaria masuk untuk menemuinya di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata, ‘Wahai Maryam, dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?’ Maryam menjawab, ‘Ia dari sisi Allah.’ Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.” (QS Ali ‘Imran: 37)

Pertama, Maryam tidak pernah kekurangan makanan meskipun sepanjang hidupnya ia hanya beribadah di dalam mihrab tanpa pernah keluar mencari makan ataupun memasak. Ini adalah keramat karena Maryam tidak mendatangkan makanannya dari langit secara sadar dan sengaja. Ia hanya menerimanya. Allah-lah yang memegang kendali penuh atas datangnya makanan itu dari sisiNya.

“Maryam berkata, ‘Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina?’ Jibril berkata, ‘Demikianlah. Tuhanmu berfirman, ‘Hal itu adalah mudah bagi-Ku, dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami, dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.’’ (QS Maryam: 20-22)

Kedua, Maryam mengandung seorang anak laki-laki tanpa pernah melakukan hubungan seksual atau pembedahan apapun sebelumnya. Ini juga merupakan keramat karena terjadi begitu saja atas perintah dan kehendak Allah tanpa pernah diinginkan apalagi diusahakan secara sadar dan sengaja oleh Maryam as. sendiri. Kehamilan Maryam as. ini juga tidak dapat diulang lagi.
Demikianlah perbedaan antara keramat dan mukjizat. Orang sekelas Maryam ibunda Nabi Isa ‘alayhima-ssalam saja tidak dapat mengulang-ulang keramatnya secara sengaja, apalagi mereka yang diklaim sebagai “wali Allah”.

Comments

  1. Apakah kamu sudah tau prediksi togel mbah jambrong yang jitu? bila belum baca Prediksi jitu mbah jambrong

    ReplyDelete
  2. terkadang kita tidak tahu betapa dahsyat nya al qur'an dalam kehidupan kita.
    motivasiibadah2020.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. GitarTogeladalah situs GAME TOTO Online terlengkap aman dan terpercaya dengan server kualitas terbaik dan tercepat tanpa admin ataupun robot yang ikut bermain bonus kemenangan nyata ratusan juta

    ReplyDelete

Post a Comment

BERITA TERBARU !!

Popular posts from this blog

BIL MA'TSUR ( TAFSIR AYAT DENGAN AYAT )

CARA MELAKUKAN TAKHRIJ HADIS

download TAFSIR AL-NASAFIY

HADIS TARBAWIY DAN AKHLAK (BERKURANGNYA IMAN KARENA MAKSIAT)

cara atau Kaedah al-Jarh Wa al-Ta’dil Serta Aplikasinya

cara TAMBAHAN - kaedah ZIYADAH DALAM AL-QUR'AN

cara melakukan MUNASABAH AYAT

QAWAIDH AL-TAHDIS (Pengertian , Ruang Lingkup dan Urgensinya )

kaedah 'ATAF - AL-'ATFU DALAM AL-QUR'AN