KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS

KRITERIA KEPALA NEGARA DALAM PERSPEKTIF HADIS Pendahuluan latar belakang Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah dua sumber utama ajaran Islam. Oleh karena itu, keduanya selalu dijadikan landasan keyakinan, ritual, adat istiadat, etika, ekonomi, politik, peradaban dan seluruh aspek kehidupan umat Islam, baik yang sakral maupun duniawi, pada tataran ¥ abl minallah (vertikal) dan ¥ abl min al. -n ± s (horizontal).

cara MEMAHAMI AYAT AL-QUR'AN

Assalamu 'Alaikum warahmatullah Wabarakatuh...


       Bagi umat Islam, al-Qur’an merupakan sumber pertama dan utama, dengan lingkup dimensi. Banyak perintah Allah yang qat'iy dilalah agar umat Islam berpegang kepada al-Qur’an, baru kepada hadis Rsaulullah saw.

        Di samping itu, al-Qur’an adalah sebuah kitab yang tidak datang kepadanya kebatilan dari awal sampai akhirnya, yang diturunkan oleh Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji. Kitab yang mendapat keistimewaan, yaitu yang mampu mencetak ulam Islam yang tahu dan mengerti tentang penafsiran nas-nas al-Qur’an dan ulama yang mengamalkan hukum-hukum yang tersirat di dalamnya, demi kemaslahatan umat manusia di dunia maupu di akhirat.

        kata orang,,seluruh hal dalam alam jagat raya ini telah di jelaskan semuanya dalam al-Quran, "wow keren sekali itu al-Qur'an" (tuturku dalam hati,,heheh). Mungkin bukan cuma saya mengatakan demikian, tapi beberapa di antara kalian juga sangat mengagumi al-Qur'an.


        Orang yang belum bisa memahami kata apa yang terukir dalam al-Qur'an, hanya mendengarkan apa yang diucapkan dari orangyang lebih mengerti, apakah mereka muballigh, kajian, majelis dan lain-lain, maka mereka hanya mampu mendengarkan dan melaksanakan apa yang telah dijelaskan kepadanya.

       Coba seandaimya seluruh ayat telah dipahami dan diketahui makna tesirat yang terkandung dalam lafadsnya (dalam hal ini, bukan terjemah yach,heheh,, terjemah itu membantu juga untuk memahami makna yang tersirat karena pribadi saya terjemah itu hanyalah sebuah pengalihan bahasa saja). maka mungkinkah akan terbukti jikalau dalam al-Qur'an sudah terbahas seluruh apa yang ada dalam jagat raya ini.

       Apa lagi saudara-saudara ku sekalian, menurut para ulama tafsir "al-Qur'an itu berlaku sepanjang masa, kapan dan di mana pun seseorang berada, atau kelompok maka al-qur'an cocok untuk diterapkan".(wooww LUAR BIAAASAA )

        Itu sih menurut orang dan berdasarkan apa yang mereka pahami dan teliti. Coba seandainya anda yang mampu menemukan danmembuktikan betapa luar biasanya al-Qur'an maka kira-kira, bagaimana reaksi anda heheh.. tapi tentunya ada beberapa yang bertanya bagaimana yach caranya agar bisa memahami makna ayat al-Quran. ?


        Saya pernah belajar dalam bangku kuliah S1 dan bahkan S2, metode yang bisa diterapkan para ulama dalam memahamiayat al-Qur'an, di antaranya :

1. memahami makna kata al-Qur'an itu sendiri
     dapat meliputi pengertian al-Qur'an, sehingga menjelaskan yang mana sih itu al-Qur'an. jangan sampai Injil itu juga al-Qur'an..heeheh

2. makkiy dan madaniy
     yaitu melihat dari segi golongan ayat al-Qur'an termasuk makkiy yangdikatakan ulama tafsir bahwa yang turun di mekah atau kah madani yang turun di madinah,itu hanya salah satu pendapat.

3. beberapa kaedah ilmu bahasa Arab
       Seperti : damir, ma'rifah nakirah, mufrad dan jamak, soal jawab, ataf, istifham, perintah.dan lain-lain

4.  Muhkan dan mutasyabih

5. 'Am dan Khas / Umum dan khusus

6.  Nasikh dan mansukh

7. Mutlaq dan Muqayyad

8.  Mantuq dan maphum

9.  dan beberapa hal dalam kelompok al-Qur'an itu sendiri
     seperti : perumpamaan dalam al-Qur'an, kisah-kisah, jadal,. huruf muqattaah.

10. Asbab Nuzul,,,dan lain-lain....

        masih ada beberapa hal yang sangat perlu dipersiapkan dalam memahami makna ayat, dan hal-hal tersebut sangat perlu diperhatikan.

         bebrapa dari kaedah atau beberapa cara yang tealah diterapakan oleh ulama di atas telah dijelaskan seedikit demi sedikit dalam website ini. olehnya itu, setiap metode akan penulis cantumkan dan silahkan di buka pada halaman berikutnya mengenai metode apa yang ingin dibaca.

       Salam dari saya, semga hasil tuilisan dalam website ini sangat membantu, www.avatarzaharuddin.top http://www.avatarzaharuddin.top/  ARTIKEL TAFSIR HADIS     

Comments

BERITA TERBARU !!

Popular posts from this blog

BIL MA'TSUR ( TAFSIR AYAT DENGAN AYAT )

CARA MELAKUKAN TAKHRIJ HADIS

download TAFSIR AL-NASAFIY

HADIS TARBAWIY DAN AKHLAK (BERKURANGNYA IMAN KARENA MAKSIAT)

cara atau Kaedah al-Jarh Wa al-Ta’dil Serta Aplikasinya

apa contoh MUKJIZAT AL-QUR'AN (Pengertian dan Pembagiannya)

cara TAMBAHAN - kaedah ZIYADAH DALAM AL-QUR'AN

cara melakukan MUNASABAH AYAT

QAWAIDH AL-TAHDIS (Pengertian , Ruang Lingkup dan Urgensinya )

kaedah 'ATAF - AL-'ATFU DALAM AL-QUR'AN